Sepakat! UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Kanwil Kemenag Kepri Sepakati Kerjasama Bidang Pendidikan,Penelitian,Pengabdian dan Peningkatan Kuali

Diposting oleh Badaruddin 28 Des 2020,22:44:38 WIB Umum
Sepakat! UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Kanwil Kemenag Kepri Sepakati Kerjasama Bidang Pendidikan,Penelitian,Pengabdian dan Peningkatan Kuali

Keterangan Gambar : Sepakat! UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan Kanwil Kemenag Kepri bekerjasama di Bidang Pendidikan,Penelitian,Pengabdian dan Peningkatan Kualitas SDM


Batam (Kemenag) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam,H. Zulkarnain,S.Ag.,M.H.,hadiri penandatangan nota kesepahaman perihal kerjasama dalam bidang pendidikan,penelitian,pengabdian dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Aula Wisama Kementerian Agama Batam Centre,Senin,(28/12).

Pada kesempatan tersebut,Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Su'aidi,Ph.D dan Kakanwil Kemenag Kepri,Dr. H. Mahbub Daryanto,M.Pd.I.,menandatangani nota kesepahaman tentang kerjasama bidang pendidikan,penelitian,pengabdian dan peningkatan sumber daya manusia yang disaksikan oleh para pimpinan perguruan tinggi,Kakankemenag Kabupaten / Kota se Kepri,pejabata eselon III,pejabat eselon IV.

Penandatangan nota kesepahaman berjalan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau,Dr. H. Mahbub Daryanto,M.Pd.I.,dalam sambutannya menyampaikan,Batam adalah ikon Kepulauan Riau yang cukup fenomenal,selain menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di Indonesia bagian barat. Untuk madarasah,pertumbuhannya di Kepri ini juga signifikan,meskipun hampir 90% madrasah di Kepri masih berstatus swasta yang menjadi milik masyarakat. Demikian pula,pertumbuhan pesantren juga cukup pesat,ucapnya.


Sebagaimana diketahui,Kepri memiliki pulau ± 2.800 pulau yang tersebar hingga perbatasan Vietnam. Pertumbuhan dunia pendidikan membutuhkan peningkatan kualitas SDM yang memadai.

Ia menjelaskan,bahwa Kepri yang kecil ini seharusnya memiliki daya saing yang lebih baik. “Semoga dengan dilakukannya MoU tersebut menjadi momentum serta kolaborasi yang baik dalam mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi,ungkapnya.

Lebih lanjut,Dr. H. Mahbub Daryanto,M.Pd.I.,menjelaskan bahwa masih banyak hal yang dapat di kolaborasikan,seperti PPG,sertifikasi pembimbing haji yang membutuhkan MoU dan begitu juga dengan literasi. “Masih banyak literasi budaya melayu yang perlu ditulis agar diketahui dunia,ujarnya.

 

Rektor IAIN Ar Risalah Inhil,Dr. Said Masykur,pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa kerjasama berbagai pihak tentunya akan mejadi kerja bersama dalam membangun bangsa. Menurutnya,hal ini akan menjadi kontribusi nyata pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.


Intinya,kampus itu harus berdampak pada kemajuan masyarakat. Bukan hanya sebatas lembaga yang berdiri secara formal. Untuk itu,manajemen di perguruan tinggi harus bersifat aplikatif pada kebutuhan masyarakat,terangnya.

Hal yang sama disampaikan Ketua STAIN Sulthan Abdur Rahman Kepulauan Riau,Dr. Muhammad Faisal,bahwa STAIN Sulthan Abdur Rahman juga memiliki tujuan yang sama. Saat ini kata Dr. Muhammad Faisal,pihaknya terus bergerak dalam membangun eksistensi STAIN Sulthan Abdur Rahman. Hal tersebut,dibuktikan dengan adanya penambahan jumlah prodi yang ditargetkan mencapai 15 prodi dan penambahan 100 dosen dalam tiga tahun serta jumlah mahasiswa/i yang sudah mencapai 1.400 mahasiswa.

“Kita membutuhkan evolusi. Dan hari ini menjadi terobosan besar yang akan memperkuat kelembagaan pendidikan,jelasnya.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Prof. Dr. Su'aidi,Ph.D.,dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan,bahwa MoU harus secepatnya ditindaklanjuti dengan MoA.

Kerjasama antar berbagai pihak yang dilakukan hari ini tentunya mempertegas UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi menjadi lokomotif perubahan sosial dikarenakan pihaknya ingin menjadi lokomotif terdepan dalam perubahan sosial bahkan dalam semua bidang.

Dalam bidang moderasi beragama,Prof. Dr. Su'aidi,Ph.D.,sambil mencontohkan bahwa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi telah berkomitmen membangun umat beragama yang moderat dengan cara membuat semua orang bahagia dan tidak dipenuhi rasa takut.

Dengan cara yang moderat,kita mengajak orang lain berbuat baik. Selanjutnya membantu untuk menciptakan entrepreneur.  Dan alhamdulillah,sudah ada ratusan mahasiswa kita yang kuliah sambil bekerja dengan mendirikan usaha dan siap menciptakan lapangan pekerjaan,terangnya.

 

 

Usai mengikuti dan sekaligus menyaksikan penandatangan nota kesepahaman perihal kerjasama dalam bidang pendidikan,penelitian,pengabdian dan peningkatan sumber daya manusia,Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam,H. Zulkarnain,S.Ag.,M.Sy.,menyampaikan apresiasi.  


Ya,tentunya kita menyampaikan apresiasi karena sesuatu yang positif telah dilakukan. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Prof. Dr. Su'aidi,Ph.D.,bahwa di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi itu tidak ada sisi kehidupan manusia yang tidak dibahas. Kenapa? Karena,kebutuhan manusia saat ini demikian kompleks dan  membutuhkan penyelesaian yang cepat,imbuhnya.

----------

Humas






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment