Arab Saudi Akhirnya Beri Kepastian Soal Nasib Ibadah Haji Tahun Ini

Diposting oleh Badaruddin 23 Jun 2020,16:03:34 WIB Haji dan Umroh
Arab Saudi Akhirnya Beri Kepastian Soal Nasib Ibadah Haji Tahun Ini

Keterangan Gambar : Arab Saudi Akhirnya Beri Kepastian Soal Nasib Ibadah Haji Tahun Ini


Batam (Kemenag)----Kerajaan Arab Saudi,pada Senin 22 Juni 2020,pukul 21.30 waktu setempat,memutuskan untuk menggelar ibadah haji 1441H/2020M hanya secara terbatas untuk Warga Negara Saudi dan Warga Negara asing atau ekspatriat yang saat ini sudah berada atau berdomisili di Arab Saudi.

Seperti dikutip dari website kemenag.go.id,Selasa (23/6) Keputusan Kerajaan Arab Saudi membatasi penyelenggaraan ibadah haji ini diapresiasi Pemerintah. "Atas nama pemerintah,saya selaku Menteri Agama mengapresiasi keputusan Saudi yang mengedepankan keselamatan jemaah dalam penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M," terang Menag Fachrul Razi di Jakarta,Selasa (23/06).

Menurut Menag,di tengah pandemi,keselamatan jemaah patut dikedepankan. Apalagi,agama mengajarkan bahwa mencegah kerusakan harus dikedepankan dari meraih kemanfaatan. Karenanya,saat ini,berikhtiar menjaga keselamatan jemaah adalah hal utama. 

"Keputusan Saudi sejalan dengan dasar pembatalan keberangkatan jemaah Indonesia yang  diumumkan 2 Juni lalu,yaitu keselamatan jemaah haji," tutur Menag.

Dihubungi melalui whatsAppnya,Kasi Haji dan Umroh Kemenag Batam HM. Amanuddin membenarkan Pemerintah Arab Saudi akhirnya memberi kepastian soal nasib ibadah Haji tahun ini.

Karena alasan keselamatan di tengah wabah Covid-19,Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menyatakan musim Haji 1441 H diputuskan akan tetap berlangsung dengan jumlah jemaah yang terbatas.

Menurutnya,ini merupakan keputusan yang tepat. Disatu sisi  pelaksanaan haji tetap jalan dalam rangka mengagungkan Allah dan rumahNya. Disisi lain tetap menjaga keamanan  dan keselamatan Ummat Islam secara umum. 

"Untuk Indonesia pasti ada hikmahnya dan mari kita ambil hikmahnya," ucap Amanuddin.
----------
humas

 






Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment